Fresh Mobile Online Notes of Rachdian

Thursday, July 01, 2004

Agenda Tim Sukses Capres/Cawapres 2004 VS TELEMATIKA

Komentar terhadap artikel "Telematika, Where Are You ?", yang ditulis oleh mas Eddy Satriya, Deputy Director for Energy in The National Development Planning Agency (BAPPENAS) di majalah Forum Keadilan dan Kolom Pakar - Pacific Link, http://kolom.pacific.net.id

==========================================

Dibandingkan dengan telematika, nasib seni dan budaya masih lebih beruntung dan lebih mendapat tempat di agenda tim sukses capres/cawapres. Departemen Kesenian dan Kebudayaan mungkin jauh lebih dibutuhkan dibandingkan Departemen Informasi dan Komunikasi... (intermezzo...)

Lagian tim sukses capres/cawapres mana sempat berpikir strategis, yg ada taktis cuma ampe 1 bulan ke depan buat mendulang suara. Wajar2 sajalah... Timnya juga kan karbitan dan serabutan (maaf bagi tim yg gak seperti ini)

Oh iya, jadi ingat sekitar 1-2 tahun yg lalu, seorang teman dari LEIP (NGO) pernah memberikan sebuah buku (fotokopian) dan brainstorming ttg adanya studi perbandingan yg dilakukan LEIP dan MA (mungkin msh ada org/instansi yg lain...) dengan Karnataka (salah satu propinsi di India) yg beberapa sektornya menjadi sangat maju akibat sektor IT yg maju, diantara sektor yg maju tsb adalah masalah peradilan. Kasus-kasus korupsi terbukti mampu tereduksi dengan sangat signifikan. Transparansi semakin "merakyat".

Sayang seribu sayang, di Indonesia malah proyek2 IT hanya untuk menghabiskan anggaran2 yang ada di instansi pemerintah. Korupsi malah dimanfaatkan, lewat jalur ini biaya2 mark-up semakin mudah untuk dikamuflasekan (dengan asumsi masyarakat kita sedemikan bodohnya). Ingat kasus ri.go.id atau website salah satu pemda yg bernilai diatas 1M?

Daripada dijadikan tema untuk kampanye capres/cawapres (yg nantinya bakalan ditagih janjinya), lebih baik dibuat agenda hiden untuk mem-privatisasi PT Telkom, Indosat, dsjnya. (ada korelasinya gak ya?). Lumayan buat bayar utang negara.... atau komisi buat decison makernya? Toh telematika kan cm "slave"...:D

No comments: